Sabtu, 14 Mei 2016

[MOVIE REVIEW] The Shining 1980: "Hereee is Johnnyyy!!!"
22.48.00

[MOVIE REVIEW] The Shining 1980: "Hereee is Johnnyyy!!!"


Siapa sangka pada masanya, film ini dianggap tidak terlalu disukai baik oleh penonton maupun para kritikus film. Sang pembuat cerita, Stephen King pun menganggap bahwa film ini mengecewakan dan jauh dari ekspektasinya. Tapi apa seburuk film itu kah film ini? Ini film arahan sutradara perfeksionis dan gila Stanley Kubrick, apakah film nya segagal itu? Mungkin pada masanya film ini dianggap gagal namun siapa sangka film ini menjadi salah satu film cult classic yang selalu direkomendasikan untuk ditonton para pecinta film pada masa ini. Ya, mungkin membutuhkan satu hingga dua dekade untuk bisa mengerti isi kepala Kubrick yang dituangakan dalam sebuah film horror berjudul The Shining ini. Tapi, yah, film-film Kubrick memang sulit untuk dimengerti.

Film The Shining ini menceritakan tentang Jack Torrance (Jack Nicholson) yang diterima kerja sebagai caretaker sebuah hotel bernama Overlook Hotel di saat off-season dan mengajak sang anak Danny (Danny Lloyd)  dan istrinya Wendy (Shelley Duvall) untuk juga tinggal di hotel megah dan mewah tersebut. Namun siapa sangka jika hotel tersebut ternyata menyimpan rahasia kelam yang mengerikan.


Jika dibandingkan dengan horror lainnya, unsur horror di The Shining tidak se-horror film horror lainnya. Tidak banyak adegan bunuh membunuh dan berdarah ataupun kemunculan hantu yang tidak semenakutkan yang dikira, namun film ini mampu membangun atmosfer kelam dan menegangkan. Bahkan lorong-lorong hotel yang simetris dan sepi saja bisa terlihat sangat mengerikan dan menakutkan. Stanley Kubrick memang terkenal sangat perfeksionis dalam menggarap sebuah film. Semua adegan di garap dengan sangat baik. Ketegangan dibangun sangat perlahan dan menyentak tiba-tiba dengan kurang ajar. Beberapa adegan bahkan menjadi cult dan menjadi viral di era ini seperti kata REDRUM, the creepy twins, hingga kalimat “Hereee is Johnny!!!”.

Menonton film The Shining tidak bisa tidak mengaitkannya dengan film 2001: A Space Odyssey, film Kubrick pertama yang saya tonton. Mengaitkan dalam hal penggarapannya yang khas Kubrick. Begitu tahu Kubrick yang menggarap, satu hal yang saya camkan ketika akan menonton film ini adalah, “film ini bukan film sederhana”. Kubrick tidak pernah menggarap film nya dengan simple. Film-film nya selalu penuh dengan ambiguitas dan juga keabsurdannya terkadang bikin frustrasi siapa pun yang menonton. The Shining yang dianggap film Kubrick yang paling mainstream pun tidak bisa menawarkan hal yang mainstream. Setiap penonton bebas untuk menafsirkan sendiri semua adegan yang sebenarnya terjadi di film.


Di film ini pula saya tahu bahwa Jack Nicholson pernah muda :D (dan semenyeramkan ketika sudah tua). Akting Jack Nicholson benar-benar sangat total dan mengerikan. Meskipun Stephen King dikatakan tidak menyukai Jack Nicholson yang memerankan Jack Torrance karena dianggap perannya akan sangat ‘Jack Nicholson banget’, namun menurut saya Jack sangat cocok memerankan Jack Torrance. He’s so creepy!! Selain Jack, ada Shelley Duvall yang memerankan istri Jack Torrance, Wendy. Entah kenapa akting dari Shelley Duvall ini menurut saya rada-rada menjengkelkan. Mungkin itu juga yang diinginkan Kubrick untuk karakter Wendy. Unik dan sedikit annoying. Walaupun tetap, Stephen King juga mendebat Shelley Duvall sebagai karakter Wendy ini. Jangan melupakan tokoh penting di film ini, our little Danny yang diperankan oleh Danny Lloyd. Danny berhasil membuat penonton gemas karena kelucuan parasnya, akting nya pun sangat memuaskan.


The Shining merupakan film horror yang khas. Sangat artistik. Semuanya sangat khas Kubrick. Scenery yang indah akan memanjakan mata dari awal film. Sinematografi yang apik sekaligus creepy akan terus dijumpai sepanjang film. Score yang disturbing juga merupakan salah satu elemen yang membuat film ini menjadi film horror yang menyeramkan, meskipun seperti yang tadi saya tulis di awal, unsur horror di film ini tidak seintens film horror biasanya. Namun. beberapa scene terasa sangat haunting dan bisa membuat anda sumpah serapah bahkan menjerit.


Jika anda mencari suguhan horror dengan adegan berdarah-darah dan hantu, you got the wrong movie, tapi jika anda menginginkan tontonan apik dan surreal namun membuat bulu kuduk anda tetap merinding, The Shining bisa memberikan itu. A must watch movie. It’s Kubrick, for God’s sake!


_____________________
FACTS:
Film ini dianggap menyampaikan pesan-pesan tersembunyi yang berkaitan dengan beberapa kejadian termasuk pendaratan palsu ke bulan, yang konon disutradarai oleh Stanley Kubrick. Selain itu, banyaknya goofs di film ini juga dianggap petunjuk karena Kubrick merupakan salah satu sutradara yang sangat perfeksionis, jadi untuk apa menyebar goofs yang cukup mengganggu? Namun sepertinya Kubrick menyimpan petunjuk-petunjuknya di situ. Pembahasan tentang pesan-pesan tersembunyi di film The Shining ini juga dituangkan dalam film Room 237 (2012). 

0 komentar:

Poskan Komentar